House of Sampoerna Cafe, oldie and cozy yet yummy

Posted on January 12, 2012

6



Sampoerna CafeTahun baruan kemaren, saya sekeluarga menghabiskan waktu makan siang bersama-sama. Sebuah aktivitas yang mungkin sudah sangat jarang ditemui, apalagi di tengah kesibukan kota metropolitan seperti Surabaya. Tujuan tempat makan kami kali ini ialah “House of Sampoerna”. Cafe ini berada di wilayah Surabaya Utara, tepatnya di jalan Taman Sampoerna di bilangan Krembangan. Letaknya memang agak jauh, sedikit bersembunyi dari riuh ramainya lalu lintas kota yang semakin padat.. Seakan mencoba “menculik” para pengunjungnya dari penatnya kehidupan kota dan menghabiskan waktu bersantai di Cafe yang juga satu kompleks dengan Galeri dan Museum dari perusahaan rokok yang mendirikannya.

Menu yang ditawarkan di sini terdiri dari Western dan Indonesian food. Khusus masakan Indo, resto ini menyediakan masakan khas Surabaya karena memang mengusung tema Surabaya Heritage. Dengan konsep tersebut, resto ini tidak hanya cocok untuk menerima tamu pelancongan dari luar negeri, tetapi juga bisa diterima lidah-lidah Suroboyoan yang doyannya masakan bercitarasa gurih asin.
Karena memang budaya kita tidak terbiasa bersantap secara bertahap ala orang-orang bule, kami langsung saja memesan 4 macam masakan dan 3 macam minuman plus air mineral untuk kami berempat. Keburu lapar, langsung aja dinikmati “menu”nya deh šŸ˜‰
Note: klik pada masing-masing gambar untuk menambahkan drooling effect tingkat maksimum :mrgreen:

Main Course

Nasi Goreng XO

XO Fried Rice

Yang namanya perut Indonesia, gak bakal pernah tenang sebelum diisi nasi yaw? :mrgreen: Menu yang satu ini tidak terlalu istimewa, nasi goreng merah dengan orak-arik telor, daging ayam dan udang yang dicampur bersama nasinya. 3 tusuk sate ayam ditambahkan sebagai lauk utamanya. Citarasa nasi gorengnya gurih dengan aksen kecut (asam, red) dari pasta tomat yang digunakan. Kalau lidah saya ga bohong, pasta tomat yang digunakan memang kualitas wahid.. beda banget sama saus tomat botol ala warungan šŸ˜›

Fish and Chips

Fish And Chips

Menu platter yang satu ini lengkap banget, mulai dari salad, french fries *buat asupan karbohidrat* dan fillet ikan dori yang digoreng deep fried dengan baluran tepung crispy dan saus tartar sebagai pelengkap. Secara umum, citarasa menu ini agak-agak datar *banget* kalau menurut saya. Mulai dari fillet dori, saus tartar, sampe french fries yang disajikan plain tanpa seasoning sama sekali. Kalau orang Suroboyo bilang, putihan rek.. šŸ˜€ #nyengiryok

Mocha Kahlua

Mocha Kahlua


Minuman berbasis kopi ini berasal dari campuran mocha dan sirup Kahlua. Berdasar penuturan mas pelayannya, sirup Kahlua ini adalah sirup yang berbahan dasar kopi. Jadi, kopi yang dicampur dengan kopi tetapi bukanlah kopi itu sendiri #apaseh šŸ˜› Hasilnya, minuman rasa kopi dengan rasa manis yang sangat luar biasa >< Sayangnya, minuman ini disajikan dengan suhu yang hangat-hangat kuku. Kehangatannya sudah hilang sama sekali ketika disruput setelah semua makanan habis šŸ˜¦

Glek! *nelen ludah* šŸ˜•
Sampai baris ini, saya sudah tidak sanggup lagi menahan perut yang mendadak keroncongan ketika berusaha mengingat lagi citarasa hidangan-hidangan di atas. Apalagi kalau foto-fotonya di zoom.. šŸ˜Æ Nyerah deh, saya lanjutken besok-besok yah.. *ngibrit ke dapur terdekat* :mrgreen:

Advertisements
Posted in: Culinary